Ikebana Seni Merangkai Bunga Asal Negeri Sakura

Jakarta- pemersatusenimannews.com,- Pepohonan atau Tumbuhan merupakan  salah satu unsur penting yang ada di dalam bumi. Selain bermanfaat sebagai sumber oksigen, tumbuhan juga sangat berpotensi untuk estetis. Tumbuh-tumbuhan indah, apabila dikombinasikan dengan teknik menyusun tanaman yang tepat akan menghasilkan sebuah seni yang indah.
\
Kita sebagian besar telah mengenal apa yang di sebut dengan Ikebana, Ikebana adalah seni merangkai bunga, karya seni asal Negeri Sakura yang diciptakan dari tanaman hidup. Istilah ikebana berarti tetap hidup dan menghidupkan-berasal dari bahasa Jepang yang secara harfiah mempunyai arti tetap hidup.
Sering kali ikebana juga bisa diartikan sebagai tanaman yang bisa diubah-ubah bentuknya dan terlihat hidup.
Cara membuat ikebana menjadi terlihat hidup tidak hanya dipengaruhi tanaman atau bunga aslinya, tapi juga wadahnya, teknik perangkaiannya, dan kreativitas dalam merangkai, dan tentunya hal ini memerlukan jiwa dan rasa seni yang tinggi
Seni merangkai bunga dari ratusan tahun lalu ini menekankan keindahan alami dan energi dinamis bunga. Bahan alam yang digunakan dalam ikebana di antaranya bunga, daun, rerumputan, cabang, buah-buahan, dan sebagainya.
Sekilas, ikebana seperti halnya rangkaian bunga biasa yang dilakukan banyak orang atau negara mana pun. Akan tetapi, ikebana memiliki ciri khas tersendiri-tanaman yang dirangkai terlihat hidup seperti halnya saat ditanam. Ini dihasilkan melalui teknik perangkaian yang tepat. Satu hal lagi ciri khas dari ikebana, ajaran nilai filosofis yang tinggi sebagai bentuk proses mencintai alam.
Di Indonesia, ada berbagai aliran ikebana. Di antaranya ikenobo, misho ryu, koryu, ohara, sogetsu, ichiyo, dan shofukadokai. Aliran tersebut memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain. Misalnya ikenobo-salah satu aliran ikebana paling tua dan berbeda jauh dengan gaya aliran sogetsu-yang lebih kontemporer dan mengeksplorasi perangkaian tanaman secara bebas dan ekspresif.
Teknik, ketekunan, dan kesabaran menjadi kunci mempelajari ikebana. Sebab, dalam proses hingga menjadi seseorang yang ahli dalam seni merangkai tanaman ini tidak mudah.
Dan hal yang paling penting seni merangkai bunga juga harus diikuti oleh rasa cinta yang tinggi sehingga bunga yang kita rangkai bisa menimbulkan aura yang positif bagi siapapun yang memandangnya. (red)

Post a Comment

Selamat Datang di media Pemersatu Seniman Indonesia

Previous Post Next Post